Tentara Irak Terus Gempur Kelompok IS di Salahudin dan Anbar

Tentara Irak Terus Gempur Kelompok IS di Salahudin dan Anbar : aktual.co
Serangan dari pasukan pemerintah Irak (Foto: Istimewa)

Hashd Shaabi (atau Gerakan Rakyat) telah mematahkan serangan kelompok Negara Islam dari dua arah di kilang minyak terbesar Baiji, 200 kilometer di sebelah utara Baghdad.


Jakarta, Aktual.co — Pasukan keamanan Irak berhasil menggagalkan serangan kelompok Negara Islam (IS), pada Minggu (26/4) kemarin, di Provinsi Salahudin dan Anbar.

Sebelumnya, serangan yang dilancarkan kelompok tersebut pun telah mengakibatkan kerusakan beberapa mobil.

Hashd Shaabi (atau Gerakan Rakyat) telah mematahkan serangan kelompok Negara Islam dari dua arah di kilang minyak terbesar Baiji, 200 kilometer di sebelah utara Baghdad.

Xinhua melaporkan, bahwa IS dipaksa mundur setelah bentrokan sengit dengan personel militer, sehingga mengakibatkan dua kebakaran besar di dua instalasi minyak.

Tak ada perincian yang diberikan mengenai korban jiwa. Sementara itu, bentrokan sporadis masih berlangsung dengan gerilyawan fanatik yang tak mau mundur dan melanjutkan pertempuran di beberapa gedung.

Pada 18 April lalu, pasukan keamanan membebaskan kilang minyak besar Baiji setelah bentrokan sengit dengan gerilyawan yang sebelumnya telah merebut beberapa bagian wilayah tersebut.

Namun, gerilyawan berulangkali melancarkan upaya yang gagal untuk merebut kembali kilang minyak tersebut.

Sejak dini hari, pasukan keamanan tambahan tiba di Baiji, yang sebagian dikuasai oleh gerilyawan IS, untuk mendukung tentara yang berperang selama lebih dari satu pekan untuk mencegah gerak maju gerilyawan yang berada di permukiman di bagian barat kota kecil tersebut.

Untuk diketaui, pertempuran di Baiji dan kilang minyak di dekatnya adalah bagian dari operasi besar yang dilancarkan pada 10 hari lalu dengan tujuan merebut kembali daerah yang dikuasai oleh anggota IS di sebelah utara provinsi itu.

Sejak 2 Maret, sebanyak 30.000 prajurit Irak dan ribua anggota milisi Sunni dan Syiah sekutunya telah terlibat dalam serangan terbesar di Irak guna merebut kembali wilayah dari gerilyawan IS, termasuk Tikrit dan desa serta kota kecil penting.

source: http://www.aktual.co/internasional/tentara-irak-terus-gempur-kelompok-is-di-salahudin-dan-anbar

0 Response to "Tentara Irak Terus Gempur Kelompok IS di Salahudin dan Anbar"

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman